Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah

  • Fitra Hanif Lathiifah POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
  • Atik Ba'diah POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
  • Agus Sarwo Prayogi POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
  • Tri Arini AKPER YKY YOGYAKARTA
Keywords: Flashcard Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah

Abstract

Latar Belakang : Terlambatnya perkembangan bahasa anak pada awal perkembangan dapat mempengaruhi berbagai aspek perkembangan lainnya. Anak yang mengalami gangguan perkembangan bahasa pada prasekolah akan mengalami kesulitan belajar. Anak yang tidak diberikan stimulasi akan berbeda
perkembangannya dengan anak diberikan stimulasi. Pemberian stimulasi sangat penting diberikan pada usia prasekolah. Salah satunya menggunakan media visual yaitu media flashcard.

Tujuan Penelitian : Diketahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 50 responden yang masing-masing kelompok ada 25 responden. Kelompok eksperimen diberikan intervensi menggunakan media flashcard. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Uji yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney.

Hasil Penelitian : Hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan hasil ada pengaruh yang signifikan dengan p = 0,001 ( p < 0,05) dan hasil analisa dengan uji Mann Whitney ada perbedaan yang bermakna dengan p = 0,007 (p < 0,05)

Kesimpulan : Ada pengaruh penggunaan media flashcard terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah

References

1. Fatmawati FA. Pengembangan Fisik Motorik
Anak Usia Dini. 1st ed. Gresik: Caramedia
Communication; 2020. 1 p.
2. Pacific Cross. Golden Age (Fase Emas)
[Internet]. International Services Pacific Cross.
2017 [cited 2021 Sep 28]. Available from:
https://www.pacificcross.co.id/wp-content/
uploads/2020/12/Golden-Age-Website_
compressed.pdf
3. Darmawan CA. Pedoman Praktis Tumbuh
Kembang Anak (Usia 0-72 Bulan). 1st ed.
Bogor: IPB Press; 2019.
4. Safitri Y. Faktor-Faktor yang Berhubungan
dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD
Kesehatan Baserah Tahun 2016. J Obs J
Pendidik Anak Usia Dini. 2017;1(2):148.
5. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Mengenal
Keterlambatan Perkembangan Umum pada
Anak [Internet]. Ikatan Dokter Anak Indonesia.
2013 [cited 2021 Sep 12]. https://www.
idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/
mengenal-keterlambatan-perkembanganumum-pada-anak
6. Soetjiningsih, Ranuh I. NG. Tumbuh Kembang
Anak. Jakarta: EGC; 2013.
7. Yasbiati, Gandana G. Alat Permainan
Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan
Konsep Dasar). 2nd ed. Tasikmalaya: Ksatria
Siliwangi; 2019.
8. Mutiah D. Psikologi Bermain Anak Usia Dini.
3rd ed. Jakarta: Kharisma Putri Utama; 2015.
9. Siswina T, Lusia, Pramuwidya, Asmaurika.
P - Issn 2460 - 1853 Tk Dharul Khair Effect
of Flashcard on Development of Children
Language Jurnal Kebidanan Khatulistiwa , P
- Issn 2460 - 1853. J Kebidanan Khatulistiwa.
2020;6(1):43–7.
10. Rahmat PS, Heryani T. Pengaruh Media
Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca
Dan Penguasaan Kosakata. J Pendidik Usia
Dini [Internet]. 2014;8(1):101–10. Available
from: http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/
view/61
11. Rofi’ah S, Setyowati A, Idhayanti RI. Media
gambar flashcard dalam menstimulasi
perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun. J
Jendela Inov Drh [Internet]. 2018;I(2):78–92.
Available from: http://jurnal.magelangkota.
go.id/index.php/cendelainovasi/article/
view/19
12. Susilana R, Riyana C. Media Pembelajtan
Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan
Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima; 2009.
13. Maulana H. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC;
2009.
14. Haenilah E. Kurikulum dan Pembalajaran
PAUD. Yogyakarta: Media Akademi; 2015.
15. Maharany AD. Gejala Fonologis Bahasa
Indonesia pada Anak Usia 3-4 tahun di PAUD
Permata Hati Kota Kendari. J Bastra (Bahasa
dan Satra). 2016;
25
JURNAL KEPERAWATAN, Volume 14, No 1, Juni 2022: 17-26
16. Hapsari W, Ruhaena L, Pratisti WD.
Peningkatan Kemampuan Literasi Awal
Anak Prasekolah melalui Program Stimulasi.
J Psikol. 2017;
17. Elmanora, Hastuti, Muflikhati. Lingkungan
keluarga sebagai SUmber Stimulasi Utama
untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia
Prasekolah. J Ilmu Kel Konsult. 2017;
18. Sujiono Y. Konsep Dasar Pendidikan Anak
Usia Dini. Jakarta: Indeks; 2011.
19. Setyarini ANI. Peningkatan Kemampuan
Kognitif Melalui Media Majlah Citra Pada
Anak Kelompok B di TK Kartini Surabaya. J
Ilm Pendidik Anak Usia Dini. 2013;2:1–20.
20. Febiola S, Yulsyofriend. Penggunan Media
26
Flash Card Terhadap Kemampuan Berbicara
Anak Usia Dini. J Pendidik Tambusai. 2020;4.
21. Madyawati L. Strategi Pengembangan Bahasa
pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group;
2016.
22. Susanti KD, Suhariati HIk, Wijaya A.
Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap
Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. J
Keperawatan. 2020;18(2):63–71.
23. Hartawan IM. Pengaruh Media Flahcard
Terhadap Perkembangan Bahasa Anak
Kelompok B Di TK Nurus Sa’adah 03
Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. J
Warn J Pendidik dan Pembelajaran Anak Usia
Dini. 2018;2.
24. Adhani DN, Khofifah N, Yuanita D.
Meningkatkan Perkembangan Bahasa degan
Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa
Sanan Rejo Kabupaten Malang. J PG PAUD
Trunojoyo. 2016;3:1–75.
25. Susanto A. Perkembangan Anak Usia Dini.
Edisi 1. Jakarta: Kencana; 2011.
26. Retnowati. Peningkatan Kemampuan
Mengenal Angka 1-10 dengan Menggunakan
Kartu Angka. J Prakt Penelit Tindakan Kelas
Pendidik Dasar dan Menengah. 2016;
Published
2022-08-15
How to Cite
Lathiifah, F., Ba’diah, A., Prayogi, A., & Arini, T. (2022, August 15). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah. JURNAL KEPERAWATAN AKPER YKY YOGYAKARTA, 14(1), 17-26. https://doi.org/https://doi.org/10.61758/nursing.v14i1.69