Evaluasi Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Kepuasan Belajar Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Akper YKY Yogyakarta

  • Dwi Wulan Minarsih Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta
Keywords: pembelajaran, daring, kepuasan belajar

Abstract

Selama pandemi covid-19 Akper YKY Yogyakarta menyelenggarakan pembelajaran secara daring yang memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan pembelajaran secara tatap muka langsung yang telah dilaksanakan sebelum pandemi. Pada pembelajaran daring dibutuhkan perangkat dan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan memunculkan kepuasan belajar bagi mahasiswa

Penelitian ini berjenis deskriptif kuantitatif menggunakan pendekatan crossectional dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan belajar mahasiswa terhadap pembelajaran daring di Akper YKY Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat II Prodi D III Keperawatan Akper YKY Yogyakarta Tahun Akademik 2020/2021 sebanyak 47 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, analisis univariat, dan analisis bivarat dengan uji korelasi Spearman rank karena data terdistribusi normal

Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan kepuasan belajar pada mahasiswa Akper YKY Yogyakarta dengan p value 0,817 (>0,05). Sebaiknya dilakukan penelitian terlebih dahulu mengenai kesiapan mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran daring dan kemampuan dosen dalam mengajar secara daring lebih ditingkatkan. 

Kata kunci : pembelajaran, daring, kepuasan belajar

References

Anggoro, W.T., dkk (2018). Hubungan Karakteristik Perawat dengan Perilaku Caring. Jurnal Keperawatan Jiwa Vol 6 No
2 Hal 98 – 105. ISSN 2338 – 2090 (Cetak). Semarang : PSIK FIKKes UMS bekerjasama dengan PPNI Jawa Tengah
Anggraeni R.N., Fakhriyah, F., Ahsin, M.N.
(2021). Peran Orangtua sebagai
Fasilitator Anak Dalam Proses Pembelajaran
Online di Rumah. Jurnal
Pendidikan Dasar, Vol 8 No.2. Semarang : Unissula
Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian
Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi. org/10.1016/jjheduc.2013.06.002 diakses tanggal 20 Desember 2020
Hakim, I.L. (2020). Implementasi Pendidikan Jasmani dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Bandung. Thesis. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia
Hasanah, dkk. 2020. Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Jurnal Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH)….. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020 503
Pendidikan. Volume 1 No.1.
Irma, dkk. (2020). Elemen – elemen Multimedia untuk Pembelajaran. Buku. Jakarta : Yayasan Kita Menulis
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi,
17(1), 41–54.
Kauffman, R., & Vallade, J.I (2020). Exploring Connections in The Online Learning Environment : Student Perceptions of Rapport, Climate, and Loneliness. Interactive Learning Environments, 1 – 15
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Indonesi an L anguage Educa tion and BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 06, No. 02 (2020), Hal. 214 – 224 Ali Sadikin. Dkk 223 Literature, 3(1), 99-110.
10.24235/ileal.v3i1.1820
Lestari, Selvy Windy. 2020. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 No. 3.
Molinda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https:// doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Mut Ma’innah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kalurahan Kbun Kenanga Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Skripsi. Bengkulu : UIN Bengkulu
Napitupulu, R.M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 7, No. 1, April 2020 (23-33) Online: http://journal.uny.ac.id/ index.php/jitp
Notoatmodjo, S. (2007). Metode Penelitian
Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Oktawirawan, D.H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 541 – 544. ISSN 1411-
8939 (Online), ISSN 2549-4236 (Print) DOI 10.33087/jiubj.v20i2.932 541. Jambi : LPPM Universitas Batanghari Jambi
Pawirosumarto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VI, No. 3, Okt 2016. Jakarta : Universitas Mercu Buana
Prastyo, Y.D., Barusman, MYS. (2021).
A nalisis K epuas an M ahas isw a dalam Pelaksanaan Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19. Lectura : Jurnal Pe ndidik an , 12 (1), 1-14. htt ps:// doi . org/10.31849/lectura.v12i1.5463
Rachman, M.M. (2012). Pengaruh Kemampuan Intelektual, P embelajaran Individual dan Internal Locus of Control Terhadap

Kompetensi dan Kinerja Dosen (Studi Prodi Manajemen). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga Vol 31 No 2. e-journal.unair.ac.id Sadikin, A. & Hamidah, A., 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), pp.
214-224
Sadikin, A., Johari, A., Suryani, L. (2020).
Penge mbanga n Mult i me di a Inte rakti f Biologi Berbasis Website Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(01),
18 – 28. https://doi.org/10.33503/ebio. v5i01.644
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang
Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8
Nomor 1, Halm. 81-86.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Supriyatno, H., 2020. Pembelajaran Daring di
Tengah Pandemi Covid-19. Bhirawa Online,
8 Juni.
Tîrziu, A. M., & Vrabie, C. (2015). Education
2.0: E-learning methods. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 186,
376-380. Doi:https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2015.04.213
Zakiah, Mariah. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Terhadiap Motivasi dan Kepuasan Belajar Taruna Taruni Jurusan Teknika STIP Jakarta. Prosiding Seminar Pelayaran dan Riset Terapan diakses dari https://ejournal. stipjakarta.ac.id/index.php/pcsa
Published
2022-01-19
How to Cite
Minarsih, D. (2022, January 19). Evaluasi Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Kepuasan Belajar Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Akper YKY Yogyakarta. JURNAL KEPERAWATAN AKPER YKY YOGYAKARTA, 13(2), 83-89. https://doi.org/https://doi.org/10.61758/nursing.v13i2.43