Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pra Sekolah (3-6 Tahun )

  • Siti Mar'ati Soliha STIKES Surya Global Yogyakarta
  • Gani Apriningtyas STIKES Surya Global Yogyakarta
  • Suryati Suryati STIKES Surya Global Yogyakarta
Keywords: anak pra sekolah, kecerdasan emosional, pola asuh

Abstract

Latar belakang:Usia pra sekolah adalah masa keemasan (the golden age). Pada anak usia pra sekolah  berbagai aspek perkembangan harus diperhatiakan. Salah satu aspek yang harus diperhatikan yaitu aspek kecerdasan emosional . Kacerdasan emosional sebaiknya dikembangkan mulai sejak dini karena membuat
anak memiliki energi besar dan belajar bagaimana nanti ia menghadapi kedepannya. Pembentukan kecerdasan emosional itu salah satunya dari factor eksternal yaitu pola asuh orang tua dimana memiliki pengaruh yang kuat pada perkembangan emosional anak.

Tujuan:Mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua (ibu) terhadap anak dan Mengetahui kecerdasan emosional pada anak di TK ABA An-Nisa Karang Singosaren Banguntapan Bantul Yogyakarta.

Metode:Deskriptif kuantitatif dengan menggunakan cross sectional. Sampel dalam penelitian inisemua orang tua (ibu) siswa/i di TK ABA An Nisa sejumlah 33 responden. Analisis yang digunakan univariat dan bivariat menggunakan rumus Kendall Tau dengan taraf signifikan 5%.

Hasil:hasil penelitian ini menunjukkan bahwa angka koefisien kolerasi antara pola asuh (ibu) dengan kecerdasan emosional dengan uji Kendall Tau sebesar ,496 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,004 hal ini menunjukkan bahwa p <0,05 yang berarti terdapat hubungan positif yang cukup signifikan / cukup kuat
antara pola asuh (ibu) dengan kecerdasan emosional anak usia pra sekolah di TK ABA An-Nisa.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua (ibu) dengan kecerdasan emosional anak pra sekolah (3-6 Tahun)

References

Adawiyah, R. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak.Jurnal Vol. 7 No. 1 2017.
Diakses pada 7November 2019, http//media.neliti.com
Adnyaswari, Inten I. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Emotional Quotient pada Anak Pra Sekolah di TK Kumara Bhuwana Saraswati Klungkung Bali.
Skripsi. Jurusan Ilmu Keperawatan. STIKes Surya Global Yogyakarta.
Goleman, Daniel. 2018. Emotional Intelligence Mengapa EI lebih penting dari pada IQ. Cetakan ke-24. Gramedia Pustaka
Hidayah, Ridhoyanti. Yunita, Eka. Utami, Wiji,
Yulian. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional.
Anak Usia Pra Sekilah (4-6 Tahun) di TK Senaputra. Kota Malang. Jurnal Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas
Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.
Volume 4, Nomer 2 Juli 2013 : 131-135.
Hurlock, Elizabeth B. 2012. Psikologi
Perkembangan Suatu Pendekatan
Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi
Kelima. Erlangga. Jakarta.
129
JURNAL KEPERAWATAN, Volume 12, No 3, Desember 2020: 123-130
Julita, W., Ameliwati., Bayhakki. 2019. Hubungan
Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat
Kemandirian Personal Hygiene Pada
Anak Pra Sekolah. JOM FKp, Vol. 6 No. 1
(Januari-Juni) 2019. Diakses pada 29 Januari
2020, http://.jom.unsrat.ac.id
Kholifah. 2018. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua
Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia
Dini TK Muslimah NU 1 Tuban. Jurnal
Pendidikan Anak, Volume 7, Edisi 1, Juni
2018.
Marlina, Ike, 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang
Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Anak
Siswa Kelas V SD Se-Gigis II Kecematan
Umbulharjo Yogyakarta. Skripsi. Jurusan
130
Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar.
Universitas Negri Yogyakarta. Yogyakarta.
Maryam Siti. Gambaran Tingkat Pendidikan
dan Pola Asuh Ibu Pada Anak Usia Dini
di Gampong Pante Gajah Kecematan
Matang Glumpang Dua Kabupaten Bireuen.
Jurnal fakultas kedokteran Universitas
Malikussaleh. Vol. 3, No. 2, September
2017.
Nurmalitasari, Femmi. 2015. Perkembangan
Sosial Emosi Pada Anak Usia Pra Sekolah.
Yogyakarta: Jurnal Pisikologi. Fakultas
Psikologi Universitas Gajah Mada. Volume
23, No. 2, Desember 2015: 103-111
Nursalam. 2017. Metodologi Penelitian Ilmu
Keperawatan. Selemba Medika, 2017—
Cetakan Kedua. Jakarta.
Pujiharti Imelda, Handayani Reza Mathilda.
2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua
dengan Kecerdasan Emosional Anak Pra
Sekolah (3-6 Tahun) di Raudatul Atfal (RA)
Al Muttaqin, Jati Bening Baru tahun 2016.
Jurnal Program Studi Sarjana Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam
As-Syafi’iyah Jakarta, Indonesia.
Septiani Rizki, Widya Ningsih, Ignoh Burhanuddin
KM. 2016. Tingkat Perkembangan Anak Pra
Sekolah Usia 3-5 Tahun yang Mengikuti
dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak
Usia Dini (PAUD). Jurnal Program Studi
Ilmu Keperawatan. Universitas Diponegoro
Semarang. Volume 4 No 2, Hal 114-125,
November 2016.
Suharano Budi, Tristanti Lila. 2019. Pola Asuh
Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental
Emosional Anak Usia Pra Sekolah (4-6
Tahun). Mimbar Ilmiah Kesehatan Ibu dan
Anak Mei-2019, Volume 3, Nomor 1, Hal
: 47-52.
Yusuf, Muri. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif & Penelitian Gabungan. PT
Fajar Interpratama Mandiri Cetakan ke-2,
November 2015. Jakarta
Published
2020-12-01
How to Cite
Soliha, S., Apriningtyas, G., & Suryati, S. (2020, December 1). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Pra Sekolah (3-6 Tahun ). JURNAL KEPERAWATAN AKPER YKY YOGYAKARTA, 12(3), 123-130. Retrieved from http://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/article/view/27