Hubungan Tingkat Kesepian dengan Kualitas Hidup pada Lansia di Posyandu Lansia Dusun Karet Yogyakarta

  • Rini Wahyu Ningsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
  • Sri Setyowati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta
Keywords: Kesepian, Kualitas Hidup, Lansia

Abstract

Latar Belakang : Kesepian merupakan keadaan psikologis seseorang dimana individu merespon dengan cara yang berbeda. Seseorang yang mengalami kesepian cendrung terlihat murung, merasa bosan, tidak puas dengan apa yang telah diterima dan tidak menerima dengan kondisi yang sekarang. Kesepian memberikan dampak buruk pada lansia seperti alzaemer dan berbagai gangguan psikologis seperti depresi, stress dan lain-lain.

Tujuan : Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat kesepian dengan kualitas hidup pada lansia di posyandu lansia melati dusun karet pleret bantul yogyakarta.

Metode : Jenis penelitian non-eksperimen korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah 50 responden dan diperoleh sample sebanyak 50 responden. Pemilihan sample menggunakan total sampling. Data diperoleh dengan mengunaka  kuesioner.

Hasil : Hasil uji korelasi menggunakan uji kendall tau-b yaitu adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kesepian dengan kualitas hidup pada lansia dengan nilai signifikan (p) value 0,000 < 0,05 serta koefisien corelation sebesar 0,433.

Kesimpilan : Terdapat hubungan antara tingkat kesepian dengan kualitas hidup pada lansia di posyandu lansia melati dusun karet pleret bantul yogyakarta.

References

Allender, J.A., Rector C., dan Warner K.D. (2014). Community and public health nursing promoting the public’s health (8th Ed). Philadelphia: Lippincott Williams dan Wilkins.

Amalia, A. D. (2015). Kesepian dan isolasi sosial yang dialami lanjut usia: tinjauan dari perspektif sosiologis Loneliness And Social Isolation Experienced By TheElderly: A Sociological Perspective Review Ayu Diah Amalia. Jurnal Informasi.18(2): 203–210.

Bini’Matillah U., Aini L.S dan A’la Z.M (2018).
Hubungan spiritualitas dengan kesepian pada lansia di UPT pelayanan sosial Tresna we rdha (P STW) (c orre l at i on be t we e n spirituality and lonliness in elderly in the UPT pelayanan sosial Tresna Werdha (PSTW). Fakultas Keperawatan Universitas Jember. E-Jurnal pustaka Kesehatan, Vol. 6 (no.3), September, 2018.

Hayulita S., Bahasa A dan Sari A.N (2018). Faktor dominan yang berhubungan dengan kualitas hidup lansia. Afiyah. Vol. V NO 2 Bulan Juli tahun 2018.
Kemenkes RI. (2017). Pusat data dan informasi kementerian kesehatan RI situasi dan analisis lanjut usia. Jakarta: Kemenkes RI
Kiik M.S., Sahar J dan Permatasari H (2018).

Peningkatan kualitas hidup lanjut usia (lansia) di Kota Depok dengan Latihan Keseimbangan. Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 21 No, 2, Juli 2018, hal
109-116

Nofitri.(2009). Gambaran Kualitas Hidup Lansia Pada Lima Wilayah Jakarta.Jurnal Psikologi Nuraini., Kusuma Dyah F.H dan Rahayu H.W (2018). Hubungan interaksi sosial dengan kesepian lansia di Tlogomas Kota Malang.

Nursing news, Volume 3, No 1, 2018. Peplau and Russel. UCLA Loneliness Scale. http://
www.psychology.iastate.edu/~ccutrona/uclalone.html

Safarina L (2016). Hubungan tingkat kesepian dengan kualitas hidup lansia di panti sosial di bandung. Volume 3 No, 1, Februari 2016.

Sunaryo, dkk. 2016. Asuhan Keperawatan Gerontik. CV Andi Offset. Yogyakarta

Sunaryo, Wijayanti R, Kuhu MM, Sumed T, Widayanti ED, Sukrilla UA, et al., editors. Asuhan keperawatan gerontik. Yogyakarta: ANDI; 2015.

Yuliati A., Baroya, N., dan Ririyanti, M. (2014).
Perbedaan kualitas hidup lansia yang tinggal di komunitas dengan di pelayanan sosial lanjut usia (The different of quality of life among the elderly who living at community and social services). Jurnal pustaka kesehatan.
Published
2020-07-29
How to Cite
Ningsih, R., & Setyowati, S. (2020, July 29). Hubungan Tingkat Kesepian dengan Kualitas Hidup pada Lansia di Posyandu Lansia Dusun Karet Yogyakarta. JURNAL KEPERAWATAN AKPER YKY YOGYAKARTA, 12(2), 80-87. Retrieved from http://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/article/view/21