ANALISIS DUKUNGAN DAN FUNGSI AFEKTIF KELUARGA DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA LANSIA DI DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN

  • Eltanina Ulfameytalia Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa Yogyakarta
  • Aan Devianto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa Yogyakarta
  • Desi Ratnasari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa Yogyakarta
Keywords: Dukungan Keluarga, Fungsi Afektif, Kebermaknaan Hidup, Lansia

Abstract

Lansia merupakan tahap akhir dari tumbuh kembang manusia. Lansia mengalami penurunan fungsi fisik mental. Lansia juga mengalami masalah salah satunya yaitu menganggap hidupnya kurang bermakna. Dukungan dan fungsi keluarga sangat dibutuhkan dalam membantu lansia meningkatkan kebermaknaan hidupnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan fungsi afektif keluarga dengan kebermaknaan hidup pada lansia di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi korelasi dengan metode cross sectional. Sampel berjumlah 98 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dukungan keluarga, fungsi afektif dan kuesioner purpose in life Scale. Metode analisis yang digunakan adalah uji Spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga masuk dalam kategori cukup, fungsi afektif keluarga masuk dalam kategori tinggi, dan kebermaknaan hidup masuk kategori sedang. Adanya hubungan yang positif antara dukungan keluarga dan fungsia fektif terhadap kebermaknaan hidup lansia. Dengan nilai coefficient correlation (r = 0,325) kurang erat pada dukungan keluarga, dan (r= 0,492) tingkat keeratan sedang pada fungsi afektif keluarga. Terdapat hubungan dukungan keluarga dan fungsi afektif keluarga dengan kebermaknaan hidup pada lansia di Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan dengan nilai kekuatan hubungan kurang erat pada dukungan keluarga, dan sedang pada fungsi afektif.

References

Ariyanti, N. (2016). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Lansia Di Panti Wreda. Retrieved from .http:// eprints.umm.ac.id/34281/1/jiptummpp-gdl- novaariyan-43052-1-skripsi.pdf. Diakses pada tanggal 27 November 2018
Bastaman. (2013). Logoterapi: Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup Dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewianti, Adhi T, & Kuswardhani, T. (2015).
Fungsi Keluarga, Dukungan Sosial Dan Kualitas Hidup Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas III Denpasar Selatan. Public Health and Medicine Achieve Preventive, Vol :1 (02. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/phpma/article/view/7878. Diakses pada tanggal 27 Desember 2018.
Dezzuter, J., Luyckx, K., & Wachholtz., A. (2015).
Meaning in life in chronic pain patients over time: associations with pain experience and 54 psychological well-being. Journal Behavior Medical., Vol: 38(2).
Friedman, M. M. (2013). Family Nursing: Theory and practice. California: Appleton & Lange.
Izzati. (2016). Hubungan Perilaku Sosial Dengan Kebermaknaan Hidup Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malik Ibrahim Malang. Malang.
Kusumaningrum, A. (2011). Hubungan fungsi afektif keluarga terhadap kecerdasan mosional remaja.
Murwani. (2012). Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Aplikasi Kasus. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Rahayu, S., Purwanta, & Harjanto, D. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Ketidakefektifan Lanjut Usia Ke Posyandu di Puskesmas Cirebon Salatiga. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, Vol :6 (01.
Rondunuwu, R., Isworo, I., & Sineke, J. (2018).
Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Diet Rendah Purin Pada Penderita Gout Artrithis Di Desa Sea Satu Kecamatan Pineleng. Jurusan Keperawatan Poltekkes Manado. Retrieved from isbn: 2549-
0931. Diakses pada tanggal 24 juli 2019. Setiadi. (2008). Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Steger. (2009). Meaning In Life Across The Life Span: Levels and Correlates of Meaning in Life From Emerging Adulthood To Older Adulthood. The Journal of Positive Psychology, 4(1), 43-5.
Suardiman, S. (2011). Psikologi Usia Lanjut.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. WHO. (2004). The World Health Organization Quality of Life (WHOQOL)-BREF. Department of Mental Health and Substance Dependence World Health Organization.
Published
2020-06-30
How to Cite
Dewi, E., Devianto, A., & Ratnasari, D. (2020, June 30). ANALISIS DUKUNGAN DAN FUNGSI AFEKTIF KELUARGA DENGAN KEBERMAKNAAN HIDUP PADA LANSIA DI DESA KEPUHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN. JURNAL KEPERAWATAN AKPER YKY YOGYAKARTA, 12(1), 65-70. Retrieved from http://ejournal.akperykyjogja.ac.id/index.php/yky/article/view/19